Jelang Lebaran Terjadi Gerhana Matahari Total 8 April 2024

30 Maret 2024 16:46 WIB
gerhana matahari

Anomali.id – Pada Senin, 8 April 2024, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memprediksi bahwa sebagian besar wilayah di Bumi akan menyaksikan gerhana matahari total. Fenomena langka ini diharapkan dimulai dari Samudra Pasifik Selatan dan berpotensi melintasi beberapa bagian Amerika. Ilmuwan juga memperkirakan kemungkinan terjadinya ledakan besar dari matahari selama gerhana tersebut.

Ledakan besar yang dimaksud terjadi saat lingkaran merah muda gelap dan lingkaran plasma bermuatan listrik di Corona matahari membentang melebihi diameter Bumi ke luar angkasa. Fenomena ini pernah terlihat di Australia pada 20 April 2023 selama gerhana matahari total sebelumnya. Prediksi menyebut bahwa penonjolan ini juga mungkin terlihat di Amerika Utara pada 8 April mendatang, karena matahari mencapai puncak siklus 11 tahunnya yang dikenal sebagai matahari maksimum.

Baca juga: Bisnis Jasa Foto Produk Kue Kering dan Hampers Mencuri Perhatian

Selain itu, fenomena menarik lain yang mungkin terlihat adalah lontaran masa Corona. Hal ini terjadi ketika medan magnet yang sangat besar dan massa plasma dari Corona matahari bergerak cepat namun terlihat diam selama beberapa jam. Para ilmuwan dari Southwest Research Institute di Boulder, Colorado, menyebut bahwa gerhana ini diperkirakan berlangsung hanya beberapa detik hingga beberapa menit. Oleh karena itu, kebanyakan orang mungkin tidak dapat melakukan pengukuran dalam jangka waktu tertentu.

Dengan fenomena yang begitu langka dan menarik ini, diharapkan masyarakat dapat menikmati pengalaman yang tak terlupakan saat menyaksikan gerhana matahari total pada 8 April 2024. Jika cuaca mendukung, ini akan menjadi momen spektakuler yang layak untuk disaksikan oleh semua orang.

Baca juga : Wanita Nyaris Jadi Korban Kekerasan dan Pemerasan Oknum Pengemudi Taksi Online

Namun, perlu diingat untuk menggunakan kacamata khusus atau filter matahari yang direkomendasikan saat menyaksikan gerhana matahari secara langsung untuk melindungi mata dari sinar matahari yang berbahaya.

Jangan ketinggalan perkembangan terbaru! Ikuti update
berita terkini di anomali.id ! Dapatkan informasi terpercaya dan terbaru setiap hari.

2 thoughts on “Jelang Lebaran Terjadi Gerhana Matahari Total 8 April 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4232508926941629218

Latest News

12848135643216883582
5003596313931723273