FAA Akui Kelemahan Pengawasan Terhadap Boeing 737 Max 9

16 Juni 2024 09:59 WIB
FAA Akui Kelemahan Pengawasan Terhadap Boeing 737 Max 9

YgAnomali.id – Kepala Otoritas Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA), Mike Wieker, mengakui adanya andil FAA dalam insiden yang melibatkan pesawat Boeing 737 Max 9. Dalam sidang dengar pendapat dengan Komite Perdagangan Senat pada Kamis, 13 Juni 2024, Wieker menyatakan bahwa FAA terlalu lepas tangan dan hanya fokus pada audit dokumen tanpa memberikan perhatian yang cukup pada inspeksi keselamatan dan keamanan pesawat.

Pernyataan Wieker ini menandai bahwa pengawasan FAA terhadap Boeing kurang memadai. Insiden yang menjadi sorotan terjadi pada 5 Januari 2024, ketika panel pintu Boeing 737 Max 9 milik Alaska Airlines terlepas hanya beberapa saat setelah lepas landas dari Bandara Portland, Oregon. Sehari kemudian, Badan Keselamatan Transportasi Nasional merilis hasil penyelidikan yang menemukan empat baut penambat panel pintu ke badan pesawat sudah hilang sebelum pesawat lepas landas.

Insiden tersebut memicu pertanyaan mengenai mutu produksi Boeing. Sejak kejadian itu, FAA kemudian meningkatkan pengawasan terhadap Boeing dengan menempatkan lebih banyak inspektur di pabrik-pabrik Boeing dan pemasok utama, Spirit AeroSystems. FAA juga membatasi produksi jet 737 Max Boeing menjadi 38 unit per bulan. Namun, Boeing memproduksi jauh lebih sedikit dari batasan itu sambil mengupayakan perbaikan kontrol kualitas.

Meski FAA telah memaparkan peningkatan pengawasan kepada Boeing, Senator Ted Cruz, pejabat tinggi Partai Republik di Komite Perdagangan, tetap mengkhawatirkan kegagalan pengawasan FAA. Cruz menekankan pentingnya memastikan bahwa Boeing menerapkan perubahan yang diperlukan dan memiliki alat yang tepat untuk mempertahankan perubahan tersebut dalam jangka panjang.

Baca juga: Permintaan Kambing Jumbo Meningkat Menjelang Idul Adha

Pengawasan yang lebih ketat dan tindakan perbaikan yang dilakukan oleh FAA diharapkan dapat meningkatkan standar keselamatan dan keamanan penerbangan, mencegah terulangnya insiden serupa di masa mendatang. Kepercayaan publik terhadap Boeing dan FAA sangat bergantung pada seberapa serius kedua pihak menanggapi dan menyelesaikan masalah ini. Jangan ketinggalan anomali terbaru! Ikuti update berita terkini di anomali.id ! Dapatkan informasi terpercaya dan terbaru setiap hari.

One thought on “FAA Akui Kelemahan Pengawasan Terhadap Boeing 737 Max 9

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4232508926941629218

Latest News

12848135643216883582
5003596313931723273