Lenovo Thinkpad X1 Carbon Gen 6: Laptop Bisnis 4 Jutaan yang Menggoda

06 Juni 2024 12:27 WIB
Lenovo Thinkpad X1 Carbon Gen 6

Anomali.id Ini adalah laptop yang saya gunakan sehari-hari, dan ini adalah laptop yang saya coba gantikan: Lenovo Thinkpad X1 Carbon generasi ke-6. Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya meluruskan beberapa salah sebutan. Thinkpad X1 Carbon generasi keenam adalah keluaran tahun 2018, bukan generasi ke-8. Generasi ke-8 merujuk pada CPU Intel yang digunakan, dan laptop ini memakai Intel Core i5-8350U, sebuah prosesor hemat daya dengan 4 inti dan 8 untaian. Di pasaran, ultrabook ini statusnya sudah bekas. Yang baru adalah Thinkpad X1 Carbon generasi ke-10 dengan Intel generasi ke-12.

Baca juga: Drone Misterius Ditembak Jatuh di Kompleks Kejaksaan Agung

Seperti biasa, X1 Carbon hadir dengan banyak varian, terutama berbeda di CPU, display, RAM, dan SSD. Karena ini adalah laptop bisnis kelas atas, material yang digunakan pun tidak main-main: magnesium dan karbon, memberikan sentuhan lembut namun kuat dan ringan. Beratnya hanya sekitar 1,1 kg, dan ukurannya hampir sama dengan kertas A4. Touchpad-nya menggunakan material kaca, lembut dan presisi. Layar IPS-nya juga sangat baik, mungkin yang terbaik dari seri Thinkpad yang pernah saya coba. Engselnya terbuat dari logam, sangat kokoh, dan bisa dibuka-tutup dengan satu tangan.

Keyboard Juara

Thinkpad selalu dikenal dengan keyboard yang nyaman, dan X1 Carbon tidak berbeda. Meskipun bodinya tipis, keyboardnya tetap nyaman digunakan, memberikan feedback yang dalam dan empuk. Satu-satunya keluhan saya adalah tombol trackpoint yang ikut tipis. Namun, secara keseluruhan, keyboardnya luar biasa bagus.

Desain Elegan dan Fitur Lengkap

Desain Thinkpad tetap konsisten dengan warna hitam dan bentuk kotak. Namun, perubahan warna dan aksen membuatnya semakin menawan. Logo Thinkpad kini hitam glossy, memberikan kontras yang bagus, dan logo X1 yang sangat elegan. Engselnya juga berwarna hitam, dan ada detail tulisan X1 Carbon serta Lenovo yang menggunakan stiker berkualitas tinggi.

Meski tipis, laptop ini tetap dilengkapi dengan port yang lengkap untuk keperluan bisnis. Ada port HDMI, USB-A, dua port Thunderbolt dengan Power Delivery, dan konektor 3,5 mm jack. Di bagian belakang, terdapat slot SIM dan microSD, meski tidak ada slot SD card full dan LAN port. Untuk urusan baterai, laptop ini sangat tahan lama, bisa bertahan sekitar 8 jam dengan penggunaan normal.

Performa dan Keamanan

Intel Core i5 generasi ke-8 sudah cukup untuk kebutuhan kerja kantoran dan sedikit editing. Laptop ini juga dilengkapi dengan fingerprint dan ThinkShutter untuk keamanan tambahan. Saya memilih RAM 16 GB dan SSD 512 GB, yang sudah cukup untuk kebutuhan saya beberapa tahun ke depan. Selama penggunaan, kipas tidak berisik dan laptop tidak panas berlebihan.

Upgrade dan Harga

Thinkpad X1 Carbon tidak banyak opsi upgrade, hanya SSD yang bisa diganti. Modem WAN card pun sulit untuk ditambahkan karena antenanya tidak ada. Untuk membukanya cukup mudah, hanya perlu membuka 5 baut.

Dari segi harga, X1 Carbon bukan yang termahal dari seri Thinkpad, tetapi masih di atas laptop kelas entry level. Harga varian i5 dengan RAM 16 GB dan SSD 512 GB di market place kisaran 4-5 juta rupiah. Dengan uang ini, apakah lebih baik membeli laptop baru? Mungkin. Namun, laptop baru di kelas harga ini biasanya adalah laptop entry level, bukan laptop bisnis kelas atas seperti X1 Carbon.

Kesimpulan

Memilih antara laptop bekas berkualitas tinggi atau laptop baru kelas entry level tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. X1 Carbon Gen 6 menawarkan kualitas material yang kuat, desain elegan, dan performa yang handal untuk kebutuhan bisnis. Jika Anda mencari laptop bekas dengan performa tinggi dan fitur lengkap, Thinkpad X1 Carbon generasi ke-6 adalah pilihan yang sangat menarik. Jangan ketinggalan anomali terbaru! Ikuti update berita terkini di anomali.id ! Dapatkan informasi terpercaya dan terbaru setiap hari.

2 thoughts on “Lenovo Thinkpad X1 Carbon Gen 6: Laptop Bisnis 4 Jutaan yang Menggoda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4232508926941629218

Latest News

12848135643216883582
5003596313931723273