Viral Bea Cukai Tagih Ratusan Juta untuk Bantuan Alat SLB dari Korea

28 April 2024 09:54 WIB
Bea cukai vs SLB

Anomali.id – Kembali lagi Bea Cukai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan menjadi sorotan publik. Viral di Twitter/ X Keluhan-keluhan dari netizen dengan beberapa tagar bea cukai (27,6 rb), SLB, dan Viral terkait kebijakan Bea Cukai atas importasi barang memunculkan perhatian kembali pada lembaga ini.

Setelah kontroversi seputar penagihan pajak sepatu sepak bola seharga 10 juta namun dikenakan pajak senilai Rp31 juta, kini muncul cerita baru. Seorang netizen menceritakan pengalaman pahitnya ketika sekolah luar biasa yang dikelolanya ditagih ratusan juta rupiah atas importasi barang berupa alat bantu belajar tunanetra dari perusahaan Korea Selatan.

Menyikapi keluhan-keluhan tersebut, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu, Askolani, memberikan penjelasan. Menurutnya, pihaknya hanya menjalankan regulasi terkait importasi barang yang dikeluarkan oleh sejumlah kementerian. Kebijakan ini merupakan kebijakan dari regulatornya masing-masing, seperti Pemda, Kementerian Perindustrian, atau Kementerian Kesehatan.

Askolani menegaskan bahwa Bea Cukai hanya melaksanakan kebijakan yang ada tanpa ada kekakuan. Mereka mendukung transparansi dalam pelaksanaan regulasi tersebut. Namun, dalam prakteknya, mereka juga menekankan pentingnya pengawasan, penegakan hukum, dan pelayanan yang sesuai dengan ketentuan berlaku untuk mencegah kerugian negara.

Meskipun demikian, apabila terdapat keluhan atau masukan terkait ketentuan importasi barang, Bea Cukai berupaya memberikan masukan kepada kementerian terkait. Mereka berkomitmen untuk melakukan minimalisasi terhadap temuan audit atau temuan aparat penegak hukum yang mungkin timbul jika tidak ada penerapan yang baik.

Baca juga : Toyota Urban Cruiser 147 jutaan

Permasalahan ini menunjukkan bahwa masih ada kebutuhan untuk koordinasi yang lebih baik antara instansi-instansi terkait dalam membuat kebijakan terkait importasi barang. Harapannya, dengan adanya dialog dan kerja sama yang baik, masalah-masalah seperti ini dapat diatasi secara lebih efektif untuk kepentingan bersama. Jangan ketinggalan anomali terbaru! Ikuti update berita terkini di anomali.id ! Dapatkan informasi terpercaya dan terbaru setiap hari.

One thought on “Viral Bea Cukai Tagih Ratusan Juta untuk Bantuan Alat SLB dari Korea

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4232508926941629218

Latest News

12848135643216883582
5003596313931723273