Suzuki Swift generasi terbaru

25 April 2024 17:13 WIB
Suzuki Swift 2024

Anomali.id – Suzuki memperkenalkan pertama kali generasi terbaru Suzuki Swift di ajang Japan Mobility Show 2023, generasi terbaru Suzuki Swift resmi diluncurkan dalam ajang tersebut, memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan dibanding generasi sebelumnya yang lebih menonjolkan kesan mewah dan sporty.

Di Japan Mobility Show, konsep Suzuki Swift yang dipamerkan diharapkan akan menjadi versi produksi dari model terbaru Suzuki Swift. Model pertama Suzuki Swift secara resmi diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2005, diimpor secara CBU dari Jepang. Mobil ini berhasil mencuri perhatian dan memberikan alternatif segar di kelas mobil compact 1500 cc.

Baca juga: Konflik Rahasia Israel-Iran

Swift pertama ini diberi kode GX dan tersedia dalam dua pilihan transmisi, yaitu 5-speed manual dan 4-speed otomatis. Pada pertengahan tahun 2006, Suzuki Indonesia meluncurkan varian baru dari Suzuki Swift, yakni Swift GT. Namun, Swift GT masih menggunakan mesin 1500 cc, bukan 1600 cc seperti yang banyak diharapkan. Muncul pendapat bahwa Swift GT hanyalah varian Swift GL yang diberi body kit.

Tahun-tahun berikutnya, Suzuki Swift tidak lagi didatangkan secara CBU (Completely Built-Up), melainkan telah dirakit secara lokal atau CKD (Completely Knocked Down). Varian ini kemudian diberi kode ST sebagai pengganti GL. Sayangnya, pada tahun 2016, perjalanan Suzuki Swift di Indonesia akhirnya berakhir.

Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan Swift akan kembali hidup di masa mendatang, terutama dengan tampilan barunya yang disesuaikan dengan selera orang Indonesia. Bagi yang penasaran dengan perubahan apa yang ada, berikut ulasannya.

Suzuki Swift konsep yang dipamerkan di Tokyo Motor Show sebelumnya memiliki desain yang tidak terlalu mencolok, sehingga banyak yang menganggap model ini adalah versi produksi yang siap dipasarkan. Dimensi Swift konsep ini mirip dengan Swift generasi ketiga yang dipasarkan saat ini, dengan panjang 3860 mm, lebar 1695 mm, tinggi 1510 mm, dan jarak sumbu roda 2450 mm yang sama.

Namun, ada sedikit perbedaan dimensi, di mana panjang keseluruhan dipangkas sekitar 30 mm. Secara eksterior, terlihat beberapa perubahan yang membedakan mobil ini dengan edisi sebelumnya. Lampu depan diposisikan lebih rendah daripada edisi ketiga, dilengkapi dengan lampu DRL yang modern. Grill sarang lebahnya juga sedikit lebih kecil dengan logo Suzuki yang diposisikan di bawah kup mesin.

Ruang mesin masih mempertahankan lekukan memanjang yang khas gaya Swift hingga ke bagian belakang. Profil sampingnya tetap mempertahankan gaya dua warna dengan aksen hitam pada kaca spion, pilar, dan atapnya. Namun, kali ini ada tambahan garis karakter baru di atas gagang pintu. Finishing roda alloy baru juga tampaknya sudah siap untuk diproduksi, dengan ukuran berbeda dari roda berukuran besar yang biasanya ditemukan pada mobil.

Suzuki Swift terbaru telah menampilkan konsep yang menarik, terutama pada bagian belakangnya dengan lampu LED yang lebih kecil, memiliki bentuk kotak dengan latar belakang gelap, dan trim hitam di bagian bawah bumper. Terutama saat malam hari, bentuk lampu kotaknya yang dikelilingi oleh bagian belakang semakin memperkuat kesan sporty. Bagian interiornya juga menampilkan desain dashboard baru yang lebih modern, meskipun masih mempertahankan nuansa dari generasi sebelumnya.

Perubahan yang signifikan terletak pada sistem infotainment layar sentuh yang kini ditempatkan di atas ventilasi udara sentral, sementara kontrol melingkar pada sistem pendingin udara diganti dengan tombol dan sakelar. Namun, mobil ini masih mengandalkan kluster instrumen analog, meskipun beberapa mobil lain telah beralih ke sistem digital dengan layar lebar.

Suzuki Swift baru juga diperkirakan akan meninggalkan mesin konvensional K Series dan mengadopsi mesin Hybrid 3 silinder yang dikembangkan bersama Toyota. Meskipun detail teknis dan spesifikasi resminya belum tersedia, Suzuki telah menampilkan mesin bensin tiga silinder dengan teknologi VVT dan sistem Mild Hybrid, dipadukan dengan transmisi CVT yang akan menggerakkan roda depan.

Baca juga : Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Pilpres 2024

Mesin baru ini diharapkan membuat konsumsi bahan bakar Suzuki Swift lebih irit dibandingkan versi sebelumnya, bahkan diperkirakan bisa mencapai hingga 40 km per liter bahan bakar. Hingga saat ini, belum ada informasi resmi mengenai harga Suzuki Swift terbaru ini, namun kendaraan ini kemungkinan akan disambut dengan antusiasme tinggi oleh para penggemar mobil. Jangan ketinggalan anomali terbaru! Ikuti update berita terkini di anomali.id ! Dapatkan informasi terpercaya dan terbaru setiap hari.

2 thoughts on “Suzuki Swift generasi terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4232508926941629218

Latest News

12848135643216883582
5003596313931723273