Bank Indonesia Siapkan Layanan Penukaran Uang untuk Pemudik

06 April 2024 18:27 WIB
Penukaran uang

Anomali.id – Setiap tahun, masyarakat Muslim di Indonesia merayakan Hari Raya dengan tradisi memberikan uang kepada sanak saudara. Uang yang umumnya dibagikan adalah uang Rupiah yang baru dan layak edar. Untuk memenuhi kebutuhan akan uang Rupiah baru, Bank Indonesia telah menyediakan layanan penukaran uang di berbagai titik, termasuk di rest area tol Jakarta-Cikampek km 57.

Marlison Hakim, Kepala Departemen Penukaran Uang di Bank Indonesia, Mengharapkan Layanan Penukaran Uang pada 2-5 April Akan Membantu Pemudik dalam Menukar Rupiah Mereka. “Sebanyak 2000 Orang Harian Menukarkan Uang Melalui Aplikasi Pintar Kami,” Kata Marlison Hakim, Sambil Memberikan Kesempatan bagi Masyarakat yang Belum Menggunakan Aplikasi untuk Mengambil Antrian secara Langsung.

Baca juga: Layanan Telekomunikasi Starlink Segera Hadir di Indonesia

Di rest area tol Jakarta-Cikampek km 57, Bank Indonesia menyediakan uang tunai baru hingga total Rp3 miliar per hari untuk kebutuhan penukaran uang Rupiah. Antusiasme pemudik terlihat dalam upaya mereka untuk mendapatkan layanan yang memudahkan mereka mendapatkan uang Rupiah baru.

Meskipun layanan penukaran uang disediakan, antrean tetap menjadi tantangan bagi pemudik. “Pelayanan langsung memang dimudahkan, tapi dalam pengantrian war tiket itu antusias warga sangat membeludak. Jadi dari jam 3 sahur, mereka sudah ngantri, termasuk saya,” ujar Gunadi, seorang warga.

Windi, seorang pemudik, juga menambahkan, “Di sini, dikatakan gampang, tidak ribet. Jadi, ya, jauh-jauh juga datang aja ke sini daripada ke banknya langsung, kan susah gitu, terus ribet. Mending langsung datang ke sini.”

Bank Indonesia telah mempersiapkan uang layak edar sebesar Rp.197,6 triliun guna mencukupi keperluan penukaran uang pada momen Ramadan dan Idul Fitri 1445 hijriah. Dengan adanya layanan penukaran uang di jalur mudik, diharapkan pemudik dapat merayakan Hari Raya dengan lebih nyaman dan lancar.

Baca juga : Arus Mudik di Pelabuhan Merak Macet 2 KM

Jangan ketinggalan perkembangan terbaru! Ikuti update berita terkini di anomali.id ! Dapatkan informasi terpercaya dan terbaru setiap hari.

2 thoughts on “Bank Indonesia Siapkan Layanan Penukaran Uang untuk Pemudik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4232508926941629218

Latest News

12848135643216883582
5003596313931723273